Hidup Ini Tidak Ada Yang Essay

Hidup ini sebenarnya sederhana (positivistic), hanya persoalan membuat pilihan -pilihan. Silahkan ber -dialektika dengan diri, maka membuat pilihan -pilihan adalah karakter hidup, silahkan jalani hidup maka yang selalu kita temukan adalah membuat pilihan -pilihan, silahkan beranalogi, berasumsi, atau bertheology sekalipun kita tetaplah membuat pilihan -pilihan, andai -pun anda acuhkan perintah -perintah saya tadi, sebetulnya anda juga telah membuat pilihan -pilihan. Membuat pilihan untuk mengacuhkan perintah saya.

Tetapi ada juga yang sering meng -kontradiksikan definisi tentang membuat pilihan, ada yang berpendapat bahwa membuat pilihan adalah memilih diantara pilihan -pilihan yang ingin dipilih, dan ada juga yang berpendapat bahwa memilih diantara yang tidak ingin dipilih bukanlah membuat pilihan. Sebenarnya, memilih diantara yang tidak ingin dipilih juga termasuk definisi membuat pilihan, jika dikaji lebih dalam kata -kata tersebut menjelaskan bahwa kita disuruh memilih atau tidak memilih, andai -pun kita tidak memilih, itu juga bagian dari pilihan, artinya kita membuat pilihan untuk tidak memilih.

Bak sebuah pemilihan umum di suatu negara, ada yang memilih partai A, ada yang memilih partai B, dan ada yang tidak memilih salah -satunya tetapi ikut memilih dalam bilik suara, dan ada juga yang tidak memilih menghadiri pemelihan umum walaupun namanya sudah terdaftar, dua jenis manusia ter -akhir ini sering disebut sebagai Golput (golongan putih), dan dua manusia terakhir ini juga membuat pilihan.

Dalam keseharian, dialektika antara para pemilih dalam pemilu diwarung -warung kopi dan tempat berkumpul massa dalam jumlah banyak maupun kecil, biasanya selalu muncul istilah “Saya tidak memilih,” atau “Saya golput.” Sebetulnya golput atau tidak menentukan pilihan partai A atau B, juga merupakan bagian dari membuat pilihan, pilihan yang dipilihnya adalah untuk tidak memilih.

Atau pada kasus yang berbeda dimana kita menjadi objek, katakanlah mengambil latarbelakang perjodohan era tempo doeloe, tempo doeloe sering orang mengatakan bahwa para gadis atau perempuan menerima perjodohan karena tidak mempunyai pilihan lain selain menuruti kehendak orang tua !. Salah besar, justru sebaliknya para gadis tempo doeloe justru telah membuat pilihan. Pilihan -nya adalah menerima perjodohan, pilihan -nya adalah menuruti kehendak orang tua, atau yang lebih ekstrim dengan membuat pilihan meninggalkan dunia. Walaupun kita bagian dari objek tetap saja kita berada pada posisi membuat pilihan. Apapun posisi kita, menjadi objek atau menjadi subjek semuanya dituntut membuat pilihan -pilihan.

Begitu juga dengan dunia pendidikan, selalu dijejali dengan pilihan -pilihan, bahkan format ujian nasional maupun lokal, para siswa selalu dijejali dengan pilihan -pilihan jawaban A, B, C, D, dan E. Terkadang ada yang tidak memilih diantara jawaban soal tersebut karena tidak paham soal -soal ujian, tetapi tetap saja siswa tersebut masuk dalam kategori membuat pilihan, membuat pilihan untuk tidak menjawab soal tersebut.

Seperti Kartesius alias Descartes katakan, “kita berpikir maka kita ada.” Kurang lebih demikian, “kita memilih maka kita hidup.” Andaikan kita tidak berpikir, sama halnya dengan benda mati, jika kita tidak memilih, sama halnya kita sudah mati.

Jadi, adakah hidup ini kita tidak membuat pilihan ? jika ada apakah itu ?. []

2 responses to “Hidup Ini Tidak Ada Yang Essay

  1. pilihan tentang siapa ortu ane’, ortu ente’…

  2. adakah hidup ini jika kita tidak membuat pemikiran?
    adakah hidup ini jika kita tidak membuat pertanyaan?
    jika ada apakah itu?
    kenapa harus seperti itu?
    kenapa harus kenapa?
    kenapa kenapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s